cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardihamzah88@gmail.com
Phone
+6285242480990
Journal Mail Official
jurnal.hest@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. Gatot Subroto No23 Manding-Madate-Polewali Sulawesi Barat Indonesia
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
ISSN : -     EISSN : 26851792     DOI : https://doi.org/10.36339/jhest
J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology" : 12 Documents clear
Korelasi antara Habits of Mind terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana selama Periode Belajar dari Rumah Firman Firman; Hasan Phika Ainnadya; Ardianti Ardianti
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.774 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.59

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Habits Of Mind dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana selama periode belajar dari rumah. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga terpilih seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana sebanyak 70 orang. Data Habits of mind dikumpulkan melalui angket yang dibuat menggunakan Google form yang kemudian disebarkan secara online melalui aplikasi WhatsApp. Data hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana diperoleh melalui dokumentasi hasil belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS 23. Analisis data menunjukkan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,22 dengan nilai sig. sebesar 0,04 sehingga disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara habits of mind dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sendana.
Gambaran Trauma Psikologi pada Anak Pasca Bencana Gempa Menggunakan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) Yuliani Eva; Supyanti Supyanti; A. Sriwulan
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.304 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.60

Abstract

Bencana memiliki dampak besar pada masyarakat, salah satu dampak yang muncul adalah trauma. Trauma ini paling rentan terjadi pada kelompok usia anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran trauma psikologis pada anak usia sekolah (7-12 tahun) pasca gempa di Desa Mekkatta Kecamatan Malunda. Desain penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah responden 50 orang. Memperoleh data dengan menggunakan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) yang terdiri dari 25 item pertanyaan. Penelitian ditemukan karakteristik responden yaitu sebagian besar berusia 7 tahun sebanyak 10 orang (20.0%), dan sebagian besar berjenis kelamin perempuan sebanyak 28 orang (56.0%). Gambaran trauma psikologis pada anak usia sekolah (7-12 tahun) menunjukkan pada subskala kesulitan sebagian besar dalam kategori perbatasan yaitu 27 orang (54.0%), normal 18 orang (36.0%), dan sebagian kecil kategori abnormal 5 orang (10.0%). Sedangkan subskala kekuatan sebagian besar dalam kategori normal yaitu 27 orang (54.0%), perbatasan 19 orang (38.0%), dan sebagian kecil kategori abnormal 4 orang (8.0%). Anak-anak yang berada pada kategori perbatasan artinya mereka membutuhkan stimulus yang mendukung proses adaptasi sehingga mengarah ke normal. Pada anak-anak yang berada pada kategori perbatasan dan abnormal perlu dilakukan intervensi kesehatan seperti terapi bermain.
An Analysis of Students’ Speaking Ability of The Second Grade MAN 1 POLMAN; An Overview of Covid-19 Adapted Learning Ratna Sari; Muhammad Danial; Sukmawati Yasim
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.18 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.61

Abstract

The purpose of this study was to analyze the speaking ability of class XI EXACT MAN 1 POLMAN students in the 2020 academic year. This research is a descriptive qualitative research. Data collection techniques used speaking tests and questionnaires. Researchers took 10 students as research subjects. The results showed that the students were able to speak English well in terms of fluency and pronunciation. As for the results of the student perception questionnaire, the researcher found that vocabulary is one of the problems experienced by students when they want to speak English and have difficulty pronouncing words correctly so they are afraid of being wrong. And sometimes it's difficult to make sentences correctly.
Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo dan Google Classroom Fitriani Fitriani; Nurul Hidayah; Sainab Sainab
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.056 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.62

Abstract

Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Sendana masih menggunakan metode ceramah dan media gambar. Nilai hasil belajar peserta didiknya tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana melalui penggunaan media pembelajaran Edmodo dan Google Classroom. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen I, sedangkan Kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen II. Pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda yang diberikan pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 23. Hasil belajar pretest kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata sebesar 33,30 dan posttest sebesar 86,93. Sedangkan kelas eksperimen II memiliki rata-rata hasil belajar pretest sebesar 34,73 dan posttest sebesar 81,85. Analisis data hasil belajar posttest kelas eksperimen I dan II menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,048 lebih kecil dari α=0.0, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Edmodo dan Google Classroom. Hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis Edmodo lebih tinggi dibandingkan Google Classroom.
Peran Dosen Pembimbing Skripsi dalam Proses Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Ruth Megawati; Mesra Damayanti
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.118 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.63

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan deskripsi secara mendalam atas fenomena yang diangkat/ diamati yaitu bagaimana peran guru dalam membimbing mahasiswa mengerjakan karya ilmiah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang melakukan penyelesaian tugas akhir tahun akademik 2020/2021, yang berjumlah 3 orang, dan 2 orang dosen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (1984). Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa peran dosen pembimbing secar keseluruhan sudah dilakukan. Pada perannya dalam membimbing menentukan masalah penelitian, dosen pembimbing sudah mengarahkan mahasiswa untuk melakukan observasi dan mengidentifikasi masalah awal sesuai dengan topik yang ingin diteliti. Selanjutnya untuk peran dosen dalam membuat BAB II hingga BAB V juga sudah dilakukan. Pada tahap pembimbingan ini didapatkan informasi bahwa mahasiswa masih terkendala dalam menentukan kajian teori sehingga dosen memberikan arahan dan bimbingan bahwa teori bukan sekedar pendapat pakar namun lebih kepada uraian lengkap tentang variabel atau topik yang akan diteliti. Demikian juga pada metodologi penelitian dosen mengarahkan mahasiswa sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih berdasarkan masalah yang diangkat. Selanjutnya untuk hasil dan pembahasan dosen memberikan pembimbingan cara menyajikan hasil penelitian dan cara membahasnya melalui cara interpretasi nilai dari data-data yang diperoleh. Selanjutnya peran dosen pembimbing dalam mengarahkan mahasiswa mengenai sistematika penulisan karya ilmiah yang baik dan benar juga sudah dilakukan. Mulai dari pengenalan bagian-bagian karya ilmiah hingga cara membentuk struktur kalimat yang benar, penggunaan tanda baca, konjungsi hingga Teknik penulisan kutipan. Selanjutnya peran dosen pembimbing dalam memotivasi mahasiswa mengerjakan karya ilmiah juga dilakukan dosen dengan cara yang berbeda-beda. Ada dengan cara memberikan nasehat-nasehat, memberikan dukungan waktu, tenaga maupun materi berupa buku referensi untuk dipelajari
Penerapan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Ruth Megawati
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.064 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.64

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan metode blended learning pada mata kuliah struktur dan perkembangan hewan II, pada program studi Pendidikan biologi, Universitas Cenderawasih. Subjek Penelitian ini adalah semua mahasiswa semester V sebanyak 41 orang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berupa proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sesuai model Kemmis dan Mc. Taggart. Dilakukan dua siklus, yang merupakan proses perbaikan secara terus-menerus dari suatu tindakan yang masih mengandung kelemahan sebagaimana hasil refleksi menuju ke arah yang semakin sempurna. Instrumen pada penelitian ini adalah (1). soal tes hasil belajar yang diberikan di setiap akhir siklus; (2). Lembar observasi Keterampilan berpikir kritis mahasiswa selama proses pembelajaran; (3). lembar observasi/pengamatan aktivitas siswa melalui penerapan metode blended learning selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data ada peningkatan dari siklus I ke siklus II untuk hasil belajar mahasiswa. Diketahui hanya 25 mahasiswa pada siklus I yang tuntas belajar, dan meningkat menjadi 39 mahasiswa yang tuntas belajar pada siklus II, dari 61% meningkat menjadi 95%. selanjutnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode blended learning dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi struktur dan perkembangan hewan II.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Disposisi Matematis Marwana Razak; Fauziah Hakim; Rezki Amaliyah AR
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.036 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan disposisi matematis siswa Kelas XI MIA 2 MAN 1 Majene. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI MIA 2 MAN 1 Majene yang dipilih melalui purposive sampling, masing-masing tingkat kemampuan disposisi matematis diwakili oleh 2 orang siswa. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket, dan wawancara. Skor hasil angket digunakan untuk mengelompokkan kemampuan disposisi matematis siswa. Skor hasil tes dan hasil wawancara kemampuan pemecahan masalah matematis dianalisis berdasarkan kemampuan disposisi matematis siswa kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan disposisi matematis siswa kelas XI MIA 2 MAN 1 Majene terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat kemampuan disposisi matematis tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 dan 4 pemecahan masalah menurut Polya. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat kemampuan disposisi matematis sedang mampu memenuhi indikator 1, 2, dan 3. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat kemampuan disposisi matematis rendah tidak mampu memenuhi satu pun indikator pemecahan masalah menurut Polya.
Teori dan Model Konseptual Kesehatan/Keperawatan Jiwa yang Relevan dengan Terapi Kelompok Zulhaini Sartika A. Pulungan; Tiveni Elisabhet
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.893 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.66

Abstract

Terapi kelompok merupakan intervensi psikologis yang diberikan kepada beberapa individu yang bertujuan untuk menangani masalah yang mereka hadapi yang dipandu oleh terapis atau konselor. Dalam melaksanakan terapi kelompok terapeutik Ners Spesialis harus menjadikan teori dan model konseptual keperawatan sebagai dasar pelaksanaan terapi. Tinjauan Pustaka ini bertujuan untuk menjabarkan teori dan model keperawatan jiwa yang relevan dengan pelaksanaan terapi kelompok terapeutik. Teori keperawatan yang dapat diterapkan pada terapi kelompok yang sesuai dengan kebutuhan klien dan keluarga, seperti Teori Promosi Kesehatan (Nola J. Pender), Teori Kenyamanan (Katherine Kolcaba), Teori Transpersonal Caring (Jean Watson), Teori Transisi (Afaf Ibrahim Meleis), dan Teori Keperawatan Berbasis Diversitas dan Universalitas Budaya (Madeleine M. Leinenger). Model konseptual keperawatan yang relevan dengan terapi kelompok seperti Model Interpersonal (Hildegard E. Peplau), Model Psikoanalisa (Sigmund Freud), Model Adaptasi (Calista Roy), Model Sosial (Gerard Caplan) dan Model Dinamika Interaksi (Imogine M. King). Kesimpulan: Penerapan terapi kelompok yang diberikan Ners Spesialis harus memiliki bekal yang cukup mengenai teori dan model keperawatan yang relevan untuk kasus pasien yang ditangani. Rekomendasi: teori dan model konseptual keperawatan ini dapat dijadikan intervensi dalam penelitian sehingga teori dan model keperawatan jiwa semakin berkembang.
Pengaruh Bakteri Asam Laktat terhadap Daya Awet dan Uji Organoleptik Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Asin Sulfika Sulfika; Sahabuddin Sahabuddin; Fitri Indahyani
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.634 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.67

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bakteri asam laktat terhadap daya awet dan organoleptik Ikan Bandeng (Chanos chanos), penelitian ini dilaksanakan selama 33 hari terhitung mulai 22 juni 2021 sampai 24 juli 2021 di kelurahan mangkoso, kecamatan soppeng riaja, kabupaten Barru. Bahan uji yang digunakan ikan bandeng (chanos chanos) dan Bakteri asam laktat. Alat yang digunakan waring kegunaan untuk penjemuran ikan, pisau/gunting kegunaan untuk menyiangi ikan, keranjang kegunaan menyimpan ikan, kamera kegunaan untuk dokumentasi, timbangan kegunaan untuk menentukan berat ikan, dan gelas ukur kegunaan untuk menentukan dosis Bakteri yang digunakan. Sedangkan Bahan yang digunakan ikan bandeng sebagai bahan uji dan Bakteri asam laktat dan Garam sebagai bahan campuran. Dosis bakteri yang di uji coba, 0 (kontrol). 100 ml, 150 ml, dan 200 ml. Parameter yang diamati kenampakan, rasa, aroma, dan tekstur. Dari hasil uji organoleptik terdapat pengaruh bakteri asam laktat dosis 200ml. Untuk mengetahui data yang diperoleh dalam penelitian ini ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabulasi untuk melihat pengaruh perlakuan dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA) dan uji lanjut turkey guna untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara perlakuan, sedangkan alat bantu yang digunakan Spss versi.17.0 for windows, untuk penyajian grafik dan tabulasi data menggunakan microsoft excel 2010.
Hubungan Efektivitas Perkuliahan Daring dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Sulawesi Barat Sukma Saputri; Irfan Irfan; Irna Megawaty
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 4 No. 1 (2021): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.793 KB) | DOI: 10.36339/jhest.v4i1.68

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 di seluruh dunia, memaksa terjadinya perubahan era baru, serta telah membuat banyak perubahan pada berbagai sektor, terutama pada sektor pendidikan yang beralih menjadi pembelajaran secara daring. Perubahan sistem memicu munculnya stress akademik pada mahasiswa yang akan berdampak pada prestasi belajarnya dikarenakan sistem pembelajaran baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan efektivitas perkuliahan daring dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan universitas sulawesi barat. Pada penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner yang di bagikan secara daring kepada mahasiswa keperawatan universitas sulawesi barat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 71 jumlah sampel menunjukan bahwa mahasiswa yang mengalami stres terbanyak berada pada kategori tingkat stres ringan yaitu 26 mahasiswa (36,62%), kategori normal sebanyak 22 mahasiswa (30,98%), kategori stres sedang sebanyak 14 mahasiswa (19,72%) dan kategori stres berat sebanyak 9 mahasiswa (12,68%). Artinya mahasiswa merasakan tekanan yang cukup selama mengikuti perkuliahan secara daring di masa pandemi Covid19

Page 1 of 2 | Total Record : 12